Tips Memilih Brokoli

Kali ini kita masih ngomongin tentang brokoli. Kalau sebelumnya ada tips memasak brokoli, sekarang saya berikan tips mudah dan praktis dalam memilih brokoli. Kenapa untuk memilih segala perlu ada tipsnya? Karena brokoli adalah salah satu tanman yang mudah rusak. Ia tidak memiliki masa simpan yang panjang sehingga kita perlu cermat dalam memilih brokoli mana yang baik dan pantas untuk dibeli.


Berikut ini lima tips praktis dalam memilih brokoli:
  1. Pilih brokoli yang kering karena air yang terperangkap di sela-sela kuntum brokoli akan susah keluar. Akibatnya, kuntum dan sekitarnya akan mudah busuk selama disimpan. Bila perlu, kibaskan brokoli untuk mengeluarkan air yang terjebak di sela-sela kuntum tersebut.
  2. Pilih kuntum brokoli yang masih kuncup dan padat dengan warna hijau gelap dan kompak.
  3. Hindari brokoli yang ada bercak kehitaman atau kekuningan. Bercak ini bisa disebabkan oleh kotoran, kelayuan, atau titik busuk. Amati pula bekas tebasan di pangkal batang guna mendeteksi jejak busuk di tengah batangnya. Jika ditekan, jejak busuk itu akan terasa lunak dan berair.
  4. Cium apakah ada bau-bau yang merupakan pertanda telah terjadi kebusukan.
  5. Cek kesegaran brokoli dengan menekan batang atas brokoli dengan ujung jari. Jika masih keras berarti brokoli tersebut masih segar.
Semoga bermanfaat :)